PPM Pendidikan Politik Pemilih Pemula

Tim dosen FISIP UNSIL melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) di Kecamatan Cikalong, Desa Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan tridharma perguruan tinggi. PPM ini bertema “Pendidikan Politik Pemilih Pemula Bagi Karang Taruna Sebagai Motor Generasi Muda Dalam Peningkatan Partisipasi dan Kesadaran Politik di Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya”. Pembicara pada acara ini adalah Mohammad Ali Andrias., S.IP., M.Si, Taufik Nurohman., S.IP., M.A, dan praktisi dari Pengawas Pemilu Kota Tasikmalaya, Rino Sundawa Putra., S.IP., M.Si.

Pengadian ini berupaya memberikan pemahaman lebih mendalam tentang bagaimana menjadi pemilih yang baik dalam  dalam menentukan pilihannya dengan berdasarkan kesadaran politik. Pada kebanyakan kasus, pemilih pemula dalam menentukan pilihannya, baik dalam pemilu nasional maupun pilkada. Pemilih pemula ini banyak dipengaruhi oleh pengaruh budaya, faktor  agama, dan ketidakpemahaman tentang perpolitikan saat ini. Sehingga dalam menentukan pilihannya tidak berdasarkan hati nurani dan kurang rasional dalam pilihannya.

Potensi pemilih pemula ini cukup besar jika kita mengacu pada jumlah sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Tasikmalaya dengan umur 17 tahun ke atas. Sehingga potensi ini harus diberikan pendidikan politik yang tepat dan baik. Oleh itu pendidikan politik ini jelas akan meningkatkan partisipasi dan kesadaran politik terutama pemilih pemula ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *