Rock the Vote Indonesia: Peran Kampus dalam Penguatan Demokrasi Electoral

Perwakilan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Siliwangi (FISIP UNSIL) menjadi salah satu peserta dari kegiatan Workshop Penyusunan Modul Pendidikan Pemilih Muda yang diselenggarakan oleh Center for Election and Political Party (CEPP – FISIP UI). Kegiatan ini dibuka pada tanggal 1 Maret 2018 dengan kerja sama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat.

Adapun tema dari kegiatan ini ialah “Electaiment on Campus – Rock the Vote Indonesia: Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda dalam Pilgub (Pemilihan Gubernur) Jawa Barat 2018”. Kegiatan ini dilangsungkan selama 2 hari berturut-turut dan berlokasi di Hotel Lumire, Jakarta Pusat. Peserta yang beranggotakan 1 orang dosen dan 1 orang mahasiswa dari 30 universitas (baik PTN maupun PTS) ini diundang.

Keynote Speech tentang pembahasan pertama tentang “Urgensi Pendidikan Politik untuk Generasi Millenial sekaligus pengenalan CEPP unilink” ialah Chusnul Mariyah, Ph. D yang kemudiam dilanjut oleh materi “Penjelasan Teknis dan Laporan Keuangan serta Kegiatan Rock The Vote Indonesia: Electrainment On Campus” yang mana materi akan dibawakan oleh Tim KPU Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya kegiatan training ini juga memberikan materi pengenalan profil CEPP sekaligus Pembahasan Strategis Pelaksanaan Rock The Vote Indonesia: Electrainment on Campus Pilgub Jawa Barat 2018″ yang pembicaranya ialah Reni Suwarso, Ph. D. Selain itu, Tim CEPP UI juga memberikan materi mengenai Poster Rock The Vote Indonesia: Electrainment On Campus Pilgub Jawa Barat 2018.

Tak hanya CEPP UI, Tim RTVI CEPP UI juga memberikan materi yang lengkap dengan prakteknya. Kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari ini ialah tentang Pelaksanaan Kegiatan, Penyusunan Laporan Kegiatan, Penyusunan Laporan Keuangan, Penyusunan Pers Release dan Strategi Media Eksposure. Selain itu tak lupa kegiatan ini melangsungkan Simulasi Pelaksanaan Rock The Vote Indonesia: Electaiment on Campus Pilgub Jawa Barat 2018, simulasi ini ikut serta mengenalkan para tutor yang akan membantu kegiatan ini di tiap-tiap kampus nantinya. Tutor yang disiapkan oleh KPU Provinsi Jawa Barat dan CEPP FISIP UI ini akan menjelaskan kepada panitia (memberi pembelakan materi) di 30 kampus ini bagaimana cara menjadi tutor yang sebaik-baiknya agar penyampaian materi kepada peserta dapat dengan baik dipahami.

Rangkaian acara yang paling akhir ialah Diskusi Pelaksanaan Rock The Vote Indonesia: Electaiment on Campus Pilgub Jawa Barat 2018. Kegiatan yang akan dilaksanakan di tiap-tiap kampus nantinya tidak diperbolehkan sponsor dari lembaga politik atau para politisi, mengingat ini bukanlah kegiatan kampanye para calon Gubernur Jawa Barat. Selain itu dibatasi pula penerimaan sponsor dari perusahaan, yakni dengan tidak diperbolehkannya sponsor rokok, alat kontrasepsi serta minuman beralkohol.

Kegiatan di tiap kampus nantinya harus dibuat semenarik mungkin dan diatur agar kegiatan ini tidak bersifat formal. Kegiatan ini tidak bisa steril dari politik praktis karena ada pendidikan politiknya yang pada kegiatan pun akan dilakukan simulasi pemilihan untuk para peserta. Hal yang paling penting ialah pihak kampus harus tetap independen, karena kampus itu benderanya merah – putih, bukan berpihak pada satu warna bendera saja.

Kegiatan ini akan turut mengundang institusi resmi seperti media lokal, KPU Jawa Barat hingga KPU di masing-masing daerah, Panwaslu, Bawaslu, SKPD dan instansi terkait lainnya. Dana kegiatan ini utamanya ialah dari KPU. Peringatan penting yang diucap berulang kali saat kegiatan ini ialah kampus harus steril dari partai politik mana pun.

(Iftihal Muslim Rahman, FISIP UNSIL 2015)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.