Electainment on Campus-Rock The Vote Indonesia Pilgub Jawa Barat 2018 : Pendidikan Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda Jawa Barat di Universita Siliwangi Kota Tasikmalaya

Tasikmalaya, 29 April 2018

Acara Electainment on Campus-Rock The Vote Indonesia Pilgub Jawa Barat 2018: Pendidikan Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda Jawa Barat kerjasama antara KPU Provinsi Jawa Barat, Center of Election and Political Party (CEPP) Universitas Indonesia bersama Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya dilaksanakan pada tanggal 29 April 2018

Rektor Universitas Siliwangi Prof. Dr. Rudi Priyadi, MS dalam sambutannya mengajak mahasiswa untuk senantiasa berperan aktif dalam pemilihan umum. Setelahnya, beliau pun membuka secara resmi acara Electainment of Campus-Rock The Vote Indonesia Pilgub Jawa Barat 2018 bersama empat narasumber lainnya dengan membunyikan angklung secara bersamaan.

Perwakilan dari KPU Provinsi Jawa Barat, Heri Suherman (Sekretaris KPU Jawa Barat) dalam sambutannya mengatakan, money politics di Pilgub Jabar saat menjadi perhatian utama. Saat ini, Kapolri sudah membentuk Satgas untuk memberantas money politics. Pun KPU sudah membentuk agen sosialisasi yang tersebar di Kota dan Kabupaten. Menurut Heri, mahasiswa zaman now  dikenal dengan kesibukan bermedia sosial. Maka dari itu, beliau mengajak mahasiswa untuk menjadi garda terdepan dalam melawan asumsi bahwasannya mahasiswa zaman now tidak hanya sibuk dengan media sosial, melainkan juga berperan aktif dalam penegakan demokrasi.

Sedangkan, Peneliti CEPP FISIP UI, Dr. Abdul Aziz, S.R, mengatakan bahwa pemahaman tentang hakikat demokrasi dalam konteks pemilu adalah sangat penting. Karena pemilu menjadi salah satu praktik berdemokrasi. Beliau pun menuturkan bahwa terdapat 3 prinsip demokrasi, diantaranya kebebasan sipil, adanya partisipasi publik, dan membutuhkan persaingan (kompetitif).

Selain itu, menurut Drs. H. Deni Diyana, M.Si, Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya menuturkan bahwa Kota Tasikmalaya menempati partisipan tertinggi sebanyak 82% di Jawa Barat. Akan tetapi, beliau pun mengakui dan tidak dapat dipungkiri  bahwa di Kota Tasikmalaya masih ditemukan masyarakat yang berorientasi terhadap uang dan iming-iming sesuatu. Maka dari itu, beliau mengajak mahasiswa untuk senantiasa bergaul dengan demokrasi, terlebih mahasiswa FISIP yang idealnya menjadi garda terdepan dalam menegakan demokrasi.

Data dari KPU Provinsi Jawa Barat, dari jumlah DPT Pilgub Jawa Barat 2018 sebesar 32,4 juta jiwa sebanyak 30% nya adalah pemilih muda. Oleh sebab itu urgensi pendidikan politik bagi pemilih muda adalah untuk meningkatkan partisipasi dalam Pilgub Jawa Barat 2018, yang ditargetkan oleh KPU Provinsi Jawa Barat sebesar 75%.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang dimulai pada pukul 08:15. Diawali dari sambutan, diskusi kelompok, election mock (simulasi pencoblosan surat suara di TPS), Deklarasi Pemilih Muda Jawa Barat, penandatanganan wall of rock dan pertunjukkan hiburan akustik dan tari. Acara ditutup dengan flashmoob closing yang dilakukan oleh seluruh peserta dan panitia hingga berakhir pada pukul 11:30.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *