SERIES DPO JURUSAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SILIWANGI DPO seri I: Normalitas Baru dan Dampaknya Pada Kehidupan

Tatatan kehidupan bermasyarakat meniscayakan perubahan pasca dilanda pandemi Covid-19. Berangkat dari hal tersebut, Jurusan Ilmu Politik berkomitment tetap produktif  melaksanakan tanggung  jawab akademik, dengan melakukan serangkaian agenda diskusi publik online (DPO).  Pada kesempatan webinar pertama, tema yang diangkat adalah “Normalitas Baru dan Dampaknya Pada Kehidupan Sosial” yang diselenggarakan dengan menggunakan aplikasi googlemeet pada hari rabu, 3 Juni 2020.

Seminar webinar pertama ini di moderatori oleh Taufik Nurohman, S.IP.,M.A selaku sekertaris jurusan ilmu politik UNSIL. Diskusi dimulai oleh Wiwi Widyastuti,S.IP.,M.Si selaku Kaprodi Ilmu Politik dengan memberikan gambaran bagaimana tatanan kehidupan bermasyarakat yang berubah pasca covid-19  merebak.  Polinus Laila, mahasiswa Ph.D di International Studies di Universitas College London melanjutkan pembahasan dengan menceritakan pengalaman newnormal baru di Amerika sekaligus melakukan perbandingan diantara kedua negara. Pembicara ketiga, Budi Chrismanto Sirait melihat dari sudut pandang pergeseran nilai budaya yang terjadi pada era newnormal.  Pembicara berdarah batak ini menegaskan jika semua orang harus mampu menahan diri untuk tidak kembali pada kebiasaan lama, termasuk untuk segala sesuatu yang berasal dari adat istiadat. Pembahas terakhir, dari sudut pandang perempuan, Fitriyani Yuliawati,S.IP.,M.Si mengatakan jika pandemi yang terjadi telah menjadikan perempuan sebagai pihak yang rawan menjadi korban misalnya dalam aspek kesehatan, ekonomi, hukum, social dsb.

Diskusi online tersebut banyak diminati oleh peserta baik dari internal UNSIL maupun eksternal. Meskipun dilakukan secara daring, antusiasme mampu terbangun dengan adanya sesi tanya jawab setelah 2 jam pemateri bergiliran memberikan perspektifnya.  Sebagai bukti apresiasi dari civitas, e-sertifikat diberikan gratis kepada para peserta yang mengikuti diskusi.

 

 

 

 

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.