Kuliah Bersama Praktisi di Gedung Serbaguna DPRD Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA – Senin tanggal 15 November 2022, Jurusan Ilmu Politik, FISIP Universitas Siliwangi melakukan kuliah bersama praktisi di Gedung Serbaguna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya. Kegiatan kuliah praktisi disampaikan oleh Bapak Agus Wahyudin, S.H., M.H sebagai Wakil Ketua DPRD Pimpinan Badan Anggaran, kuliah praktisi ini pula dihadiri oleh Dosen Ilmu Politik dan sekitar 120 Mahasiswa semester 3 yang mengontrak mata kuliah Politik Anggaran.

Pematerian yang dibahas oleh Bapak Agus Wahyudin, S.H., M.H dimulai dengan perbedaan klasifikasi antara suprastruktur politik dan infrastruktur politik, kemudian mengaitkan dengan adanya Omnibus Law yang berdampak pada tugas dan fungsi DPRD. Beliau pula menyampaikan dalam melakukan politik anggaran di Kota Tasikmalaya berbasis pada kondisi geografis, serta potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sektor unggulan.

Lebih lanjut, Bapak Agus Wahyudin, S.H., M.H menyampaikan secara geografis terdapat tiga kawasan pembangunan kebijakan di Kota Tasikmalaya yakni untuk kawasan Pendidikan, Jasa, dan Industri. Ketiga kawasan tersebut perlu dioptimalkan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan stunting di Kota Tasikmalaya. Hal tersebut dapat terealisasi dengan baik, bila berbagai stakeholders berkerjasama dan berkolaborasi untuk kemajuan Kota Tasikmalaya.

Dalam kuliah praktisi ini pula, mahasiswa Jurusan Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi aktif dalam bertanya terkiat keadaan yang terjadi di Kota Tasikmalaya, seperti masalah Bantuan Langsung Tunai (BLT), penyerapan investasi, dan proses pembangunan di kawasan Hz. Pertanyaan tersebut merupakan bentuk dari kepekaan mahasiswa akan kondisi yang terjadi di Kota Tasikmalaya.

Kegiatan kuliah praktisi ini ditutup dengan pemberian cinderamata kepada DPRD Kota Tasikmalaya sebagai simbol kerjasama antara Ilmu Politik UNSIL dan DPRD Kota Tasikmalaya di masa depan. (HR)

Foto Kegiatan di Gedung Serbaguna DPRD Kota Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

X